Sabtu, 18 Juni 2016

Pidato Mensyukuri Nikmat Alloh Swt Khusus Dewasa

Pidato Mensyukuri Nikmat Alloh, Khusus Dewasa

Assalamu alaikum wr wb.

الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على اشرف الانبياء والمر سالين سيد نا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين, اما بعد.

Semua para asatizd dan asatidzah yang kami hormati, dan taklupa pula kepada semua diwan juri dan teman-temanku yang senasip seperjuangan yang sangat kami hormati dan kami cinta sanyangi.



   Hadirin hadirot yang dimulyakan Alloh.
Pertamatama marilah kita panjatkan puji sukur kehadirat Alloh karena berkah hidayahnya kita bisa berkumpul disatu tempat yang Insya Alloh sangat berokah.
 Kedua kalinya shalawat serta salam semuga terlimpah curahkan kepada sang repolusi Islam yang sejati yaitu Nabi besar kita Ibni Abdillah Muhammad Saw, karena berkah Beliu kita bisa terangkis dari alam jahiliyah menuju alam terang benerang yakni Agama islam dan bisa mengetahui mana yang hak dan yang batil.
Pidato Mensyukuri Nikmat Alloh Swt

Kaom muslimin dan muslimat yang berbahagia,
Izinkanlah kami pada malam yang penuh berokah ini untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul: Mensyukuri Nikmat Alloh SWT.

Hadirin  yang berbahagia.

   Begitu banyak nikmat yang teah Allah anugerahkan kepada manusia. Sakig banyaknya, tak ada seorangpun yang mampu untuk menghitungnya. Dari sekian banyak nikmat Allah yang telah diberikan pada kita semua, andai kata semua manusia dikumpulkan untuk menghitung nikmatnya niscaya semuanya tidak akan bisa, Sesuai dengan Firman Alloh:
وان تعدو نعمة الله لاتحصوها.
Yang artinya: ''Dan apabila kalian semua menghitung nikmat Alloh niscaya kalian tidak akan bisa''. Oleh sebab itu marilah kita semua bersyukur atas apa yang telah Alloh berikan pada kita semua, dan apabila kalian bersyukur makah Alloh menambahkannya.
Alloh ber firman:قال الله ايضا: لئن شكرتم لأزيدنكم ولئن كفرتم ان عذا بي لشديد
''Dan janganlah sekali-sekali kufur terhadap nikmat yang diberikan Alloh Swt, karena barang siapa yang kufur atas nikmatnya maka Alloh akan menyiksanya dengan siksaan yang sangat pedih'

Hadirin se iman yang di rahmati Alloh.
     
Taukah kalian semua apa arti dari Syukur?.
Arti Syukur adalah berterima kasih atas segala sesuatu yang telah diberikan oleh Alloh Swt pada kita bari dengan secara lisan atau dengan lainnya.

Adapun syukur itu bisa di artikan dengan tiga arti yaitu:

1. I'tiqodi (Syukur dengan hati)
Yang artinya keyakinan seorang hamba akan apapun yang tiba pada dirinya yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak ada celaan dari agama pada akhirnya. nikmat itu merupakan pemberian muthlaq Alloh Swt yang berupa bentuk kasih sayangnya semata-mata. yang merupakan suatu ujian dimana akan menguji kita apakah nikmat tersebut bisa kita pakai sebagai sarana untuk beribadah kepadanya atau tidak? seperti itu.

2. Lisani (Syukur perkataan)
Yaitu suatu ucapan atau bahasa yang menunjukkan kepada kebahagiaan hati dengan adanya nikmat. dengan apapun ucapannnya yang penting menunjukkan pada pengakuan hati kepada nikmat dari Alloh Swt, seperti perkatan : "Alhamdulillahi Robbil 'alamiin", atau "Alhamdulillahi 'ala Kulli Hallin," atau yang bersifat khusus seperti Alhamdulillahilladzi ath'amanaa Wa Saqoona, dan puji-pujian yang lainnya.
3.Arkani (Syukur perbuatan)
Yaitu Syukur yang dilaksanakan dengan cara Memanfaatkan nikmat untuk beribadah kepada Alloh Swt, Seperti Mensyukuri Nikmat melihat dipakai untuk membaca Al-Quran, atau Mensyukuri Nikmat mendengar maka digunakan untuk mendengarkan nasihat, atau syukur terhadap jabatan atau kekuasaaan maka digunakan untuk menegakkan keadilan. atau mensyukuri nikmat harta dengan cara bersedekah, atau syukur terhadap nikmat sehat akal, yaitu dengan cara menuntut ilmu, dan lain sebagainya.
    
   Syukur yang semuanya ini kalau kita terapkan dipakai dalam pendorong dalam beribadah maka Insya Alloh akan meningkatkan nilai ibadah dan dijanjikan akan ditambah-tambah nikmat baik dari segi kualitas maupun kuantitas nikmatnya.
Kiranya cukup sampai disini perjumpaan kita, dan semuga kita bisa berjumpa lagi di lain kesempatan.
اهدناالصرط المستقيم, ثم السلام عليكم ورحمة الله وبركاته. 

0 komentar:

Posting Komentar


Top