Rabu, 29 Juni 2016

Pidato Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua, Khusus Dewasa

Pidato Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua, Khusus Dewasa

 السلام عليكم ورحمة الله وبركاته. 
الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على امورالدنيا والدين, والصلاة والسلام على سيدنا محمد وعلى أله وصحبه اجمعين أما بعد.

Yang terhormat para alim ulama wanahussuh bizdikri..................yang kami sangat hormati,
dan taklupa pula kepada semua dewan juri dan semua para asatizd dan asatidzah yang kami juga hor mati, para hadirin dan teman-temanku yang seakidah seperjuangan yang kami cinta sayangi.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja-puji serta syukur kita kepada Alloh Azza Wajjalh, yang Alloh telah memberikan begitu banyak nikmat pada kita semua ,diantaranya nikmat yanga paling besar adalah nikman  Iman dan Islam, dan sebab maghfirohnya kita bisa bertupis-tupis muka di satu tempat yang Insya Alloh sangat berokah ini.

Kedua kalinya Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan ke haribaan junjungan alam, tidak lain dan tidak bukan adalah Baginda Nabi Besar Muhammad Saw, karena dengan sebab Beliau kita terangkis dari alam jahailiyah menuju kealam terang benerang yakni agama Islam.

Pidato Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua, Khusus Dewasa
Hadirin dan juga teman-temanku yang dimulyakan Alloh.

Izinkanlah kami pada..........ini untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul: بروالولدين (Berbuat baik kepada kedua orang tua). Sebagai seorang Muslim kita wajib berbakti kepada kedua orang tua kita, sebagaimana difirmankan Alloh Swt, dalam Al-Quranil karim surat An-Nisa ayat 36, Yang berbunyi:

وعبدوا الله ولاتشركوابه وباالوالدين احسنا.
 yang artinya
   ''Sembahlah Alloh dan janganlah kalian semua mempersekutukan-Nya dgn sesuatupun, dan berbuat baiklah kepada kedua orangtunya''.

 Saudara-saudaraku yang kami cinta sayangi.

Ayat diatas tadi memerintahkan kepada kita agar senantiasa menyembah Alloh, Tuhan Yang Maha Esa, dan kita diperintah untuk berbuat baik kepada kedua orang tua. berbuat baik kepada kedua orang adalah termasuk termasuk nomer dua, setelah kita ber buat baik kepada Alloh Swt.

Saya ingin bertanya, Pernahkah kita menghitung jasa baik kedua orangtunya,,,,,?. Tentu kita tidak akan mampu menghitungnya, karena jasa mereka sangat besar tiada terkira. Ibu diwaktu hamil, dia selalu dalam kepayahan karena mengandung kita kemana ea pergi kita dibawa, dan ea tidak pernah mengeluh, sementara seorang bapak bekerja siang dan malam untuk kelahiran kita. Begitu kita lahir, mereka mencurahkan segala perhatian kasih sayangnya kepada kita.Masya Alloh,
betapamulia jasa kedua orang tua kita!.

Pendengar yang buniman yang dirahmati Alloh.

Pada suatu hari, ada seorang sahabat bertanya kpd Rasulullah, Wahai Rasulullah, Siapakah yang patut memperoleh penghormatan terbaik dariku,? Ibumu, jawab Rasulullah singkat. Lalu siapa lagi wahai Rasulullah? sahabat bertanya kembali. Ibumu, Rasulullah tetap memberi jawaban yg sama. Lalu siapa lagi Wahai Rasulullah ? sahabat itu terus bertanya.Ibumu, lagi-lagi Rasulullah memberi jawaban yg sama hingga ketiga kalinya…Lalu siapa, wahai Rasulullah? Tanya Sahabat untuk yang keempat kalinya, yaitu Ayahmu,,,.Subhanallah, betapa mulianya sosok seorang ibu.

Oleh Karena itu, barangsiapa yang durhaka kepada kedua orangtuanya, niscayaAlloh Tidak ridhok dan murka terhadapnya. Sesuai dengan Hadist:
 رضاالله في رضاالولدين, وسخط الله في سخط الولدين. 
''Ridhok Alloh bersamaan dengan ridhoknya kedua orang tua, Dan murka Alloh bersamaan dengan murka kedua orang tua''. 

Marilah kita sama-sama angkat tangan untuk mendo'akan kedua orang tua kita, 
 .اللهم اغفرلي ذنوبي ولوالدي ورحمهما كما ربياني صغيرا
   ''Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orangtuaku, dan sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangiku di waktu kami masih kecil''.

Hadirin hadirot dan teman-temanku yang berbahagia.

Kiranya cukup perjumpaan kita kali ini, dan apabila ada kata-kata kami yang kurang berkenan di hati pemirsa, kami sebagai insan biasa yang tidak luput dari salah dan keliru kami mohon maaf sebesar-besarnya, dan semuga dengan adanya pidato kami yang berjudul: Berbuat baik kepada kedua orang tua, kita dapat mengambil faidanya dan semuga kita termasuk orang-orang yang berbakiti kepada Alloh dan Rosulnya dan kepada kedua orang tuanya, sehingga kita masuk kedalam surga Alloh dengan tanpa hisab, AMin Yarobbal Alamin,,,. 

اخرا, ثم السلام عليكم ورحمة الله وبر كا ته.

0 komentar:

Posting Komentar


Top